Thursday, April 4, 2013

Komputasi Modern

Kata komputasi berasal dari bahasa inggris yaitu computing yang berarti suatu aktifitas dengan menggunakan hardware dan software yang berfungsi untuk untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Jadi dapat dikatakan juga Komputasi ialah suatu aktifitas untuk menemukan pemecahan permasalahan dengan suatu algoritma dengan menggunakan hardware dan software yang ada.

Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).

Seirng perkembangan teknologi kita sering melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Oleh karena itu dapat ditarik sebuah definsi , komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung akurasi (bit, floating point), kecepatan (dalam satuanHz), problem volume besar (paralel), modeling (NN dan GA) dan kompleksitas (menggunakan Teori Big O).

 dibedakan melalui jenisnya, komputasi modern terdiri dari:

1. Mobile computing

Mobile computing atau komputasi bergerak yaitu kemajuan teknologi komputer yang menyebabkan dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

2. Grid computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

3. Cloud computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.


Untuk dapat dikatakan komputasi modern maka computer harus memilik ciri sebagai berikut:

1.Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.

2.Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.

3.Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Salah satu manfaat komputasi modern yaitu perhitungan kompleks yang mencapai ribuan data dapat dengan mudah dikerjakan dengan bantuan komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi waktu, biaya dan lain sebagainya.

Kesimpulan

"Komputasi Modern ialah suatu aktifitas untuk menemukan pemecahan permasalahan dengan suatu algoritma dengan menggunakan hardware dan software yang terbaru."

No comments:

Post a Comment