Wednesday, November 23, 2011

Happy ThanksGiving Day


Postingan ini awalnya gegara gue buka google terus ngeliat iconnya unyu banget, pas gue geser cursornya ada tulisan ThanksGiving Day :))
ini iconnya :3
Naruli penasaran gue timbul, gue search apa sik ThanksGiving day ampe google ikut-ikutan ganti icon, setelah nemu beberapa sumber tenyata faktanya ThanksGiving day itu menarik banget!
Intinya sik ini kaya hari libur federal untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil panen selama ini.
ThankGiving days dirayain di dua negara yaitu Kanada sama Amerika, secara sejarah, hari libur dan cara perayaannya tuh rada beda.

Menurut wikipedia :
Hari Pengucapan Syukur (bahasa Inggris: Thanksgiving Day) adalah hari libur di Amerika Utara untuk mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur di akhir musim panen. Hari Pengucapan Syukur adalah hari libur resmi di Amerika Serikat yang jatuh pada Kamis keempat di bulan November.Di Kanada, Thanksgiving jatuh pada hari Senin kedua di bulan Oktober.
Buat lebih jelasnya lagi, ini sedikit hasil nyari-nyari gue tadi
Cekidot, Cek in jangan disedot #eh
Di kanada ThanksGiving dirayakan pada akhir pekan selama tiga hari, cara merayakannya unik banget lho, mereka menyajikan makanan khas thxgiving dengan fitur mencolok kaya kalkun *seumur-umur,gue belom pernah makan kalkun* saus cranberry sama kentang tumbuk.
sedangkan liburnya sendiri yaa semacam libur nasional gitu jatuh pada hari senin, biasanya keluarga disana ngerayainnya dengan makan makananan thxgiving pada akhir pekan tiga hari :)))
pas banget disana lagi musim gugur jadi sembari makan bisa juga mereka menikmati pemandangan atau sedekar hiking bahkan berburu.
gak jauh beda sama di Kanada, di Amerika serikat saat perayaan ThxGiving juga mesti ada makanan Khasnya, yang paling penting yaa mesti ada Kalkun, selanjutnya yaa sama aja kaya dikanada cuma kadang di amerika ditambah dengan jagung, lobak, ubi dan kue labu :))
menurut sejarahnya yang gue temuin hasil nyari-nyari
Thanksgiving di Kanada dimulai oleh seorang penjelajah Inggris bernama Martin Frobisher yang membangun sebuah pemukiman di Kanada. Pada tahun 1578, Frobisher mengadakan upacara resmi di suatu tempat, yang sekarang menjadi provinsi Newfoundland dan Labrador .
sebagai wujud dari rasa syukur karena bertahan dalam perjalanan panjang.Acara ini secara luas dianggap sebagai orang Kanada pertama Thanksgiving.
meskipun demikian, Perlu dicatat bahwa upacara 1578 bukan Thanksgiving pertama seperti yang didefinisikan oleh tradisi Bangsa Pertama.
Jauh sebelum masa Martin Frobisher, ada acara tradisional dalam berbagai budaya Bangsa untuk memberikan berkat resmi selama pertemuan musim gugur yaitu budaya Haudenosaunee, Thanksgiving yang sesungguhnya adalah sebuah doa yang dibacakan untuk menghormati "tiga bersaudara"  (yaitu, kacang, jagung dan labu) selama panen musim gugur.
thanksgiving pertama
Hari Thanksgiving di Amerika berasal dari perayaan panen di Inggris. Pada tanggal 4 December 1619, 38 orang pendatang dari Inggris sampai di Pertanian Berkeley, di Sungai James, di daerah yang sekarang disebut Charles City, Virginia. Mereka sampai ke sebuah daerah yang belum dihuni oleh orang Eropa lainnya. Penduduk yang hidup di sana adalah penduduk asli Amerika, yang oleh sebagian besar orang Amerika disebut orang Indian Amerika. Kelompok itu kemudian memutuskan bahwa hari kedatangan mereka diperingati setiap tahunnya sebagai hari untuk bersyukur kepada Tuhan.
Presiden Abraham Lincoln mendeklarasikan Thanksgiving pertama hari libur federal sebagai "hari doa dari Thankgiving" pada hari Kamis terakhir di bulan November.
Iya begitu kira-kira kurang lebihnya hasil nyari-nyari gue, klo masih kurang jelas silahkan cari disini.
Sumber yang gue dapet itu hasil dari sini dan sini
Oke, selamat malam menjelang pagi guys! Happy ThanksGiving Day


Best Regards






Syalay-Chan

No comments:

Post a Comment